Monday, July 20, 2009

Mau Konsultasi?


Blog ini disediakan khusus buat Anda yang ingin berkonsultasi mengenai hal-hal tertentu berkaitan dengan kehidupan Anda. Tulis secara jelas apa yang akan dikonsultasikan. It's FREE !!! Anda tinggal kirim email ke rnurjanto@gmail.com. Harap sertakan alamat email Anda karena saya akan menjawabnya melalui email.
Kiranya TUHAN memberkati Anda semua.

73 comments:

  1. Saya ingin nanya pak. Bagaimana caranya supaya saya bisa kuat menghadapi cobaan hidup yang rasanya kok berat sekali? Terimakasih.

    Mia-Semarang

    ReplyDelete
  2. Untuk Mia di Semarang.
    Setiap orang pasti punya masalahnya masing-masing. Alkitab menyatakan bahwa pencobaan-pencobaan yang kita alami itu tidak melebihi kekuatan kita. Pada saat TUHAN mengizinkan pencobaan datang dalam hidup kita, TUHAN sudah mengukur kemampuan kita untuk menanggung pencobaan itu. Jadi, kamu pasti mampu untuk mengatasi cobaan-cobaan dalam hidup kamu.
    Saran saya, cobalah untuk lebih bersandar pada TUHAN. Bangun komunikasi dengan TUHAN lewat DOA dan Perenungan FIRMAN TUHAN setiap hari, niscaya iman percayamu pada TUHAN akan makin kuat(baca juga artikel saya tentang "Tiga Unsur Iman" di http://rudynurjanto.blogspot.com/2008/11/tiga-unsur-iman.html). Kalau kita mempercayakan hidup kita pada TUHAN, maka TUHAN akan memberikan kekuatan kita untuk dapat mengatasi segala macam persoalan. Filipi 4:13 menyatakan bahwa bersama TUHAN kita pasti cakap untuk menanggung segala perkara.
    Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberkati anda.

    ReplyDelete
  3. Shalom kak Rudy.
    Saya mau tanya, bagaimana cara menjangkau kaum muda/remaja supaya mau beribadah di gereja, khususnya dalam ibadah pemuda? Karena selama ini ibadah pemuda di gereja say sudah tidak ada, karena kaum muda/remaja banyak yang pindah ke gereja lain. Terimakasih.

    Vivi-Bandung

    ReplyDelete
  4. Untuk Vivi-Bandung.
    Salam sejahtera dalam Kristus Yesus.
    Untk memulai lagi ibadah pemuda/remaja, kamu bisa memulainya dengan membentuk suatu kelompok kecil. Mulailah dengan mencari beberapa pemuda/remaja yang mempunyai kerinduan hati yang sama untuk memulai ibadah pemuda/remaja. Lakukan hal ini dengan sepengetahuan Gembala setempat.
    Setelah kamu menemukan orang-orang tersebut, mulailah untuk bertemu bersama-sama secara rutin, berdoa bersama-sama, dan belajar bersama-sama untuk mulai melakukan amanat agung Tuhan Yesus Kristus. Mulailah ibadah pemuda/remaja dengan kelompok kecil ini dulu.
    Untuk sementara itu jawaban yang bisa saya berikan. Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberkatimu selalu. Amin.

    ReplyDelete
  5. saya mau tanya apakah onani itu dianggap dosa oleh agama kristen??alasannya??

    ReplyDelete
  6. bila memang onani itu dosa,bagaimana dgn mimpi basah yg scara otomatis kt bermimpi yg kotor?? apakah dilarang kalo onani dgn tujuan mengendalikan nafsu?? tolong dijawab THX

    ReplyDelete
  7. Saudara Ade yang terkasih. Onani dilakukan dengan membayangkan melakukan aktifitas seksual dengan lawan jenisnya. Padahal dalam Matius 5:28 dinyatakan bahwa setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. Hal ini tidak berlaku pada laki-laki saja tetapi juga pada wanita yang melakukan masturbasi. Meskipun masih di dalam hati tetapi itu sudah merupakan dosa di hadapan Allah.
    Mimpi basah adalah mekanisme alamiah yang dialami setiap laki-laki mulai dari usia remaja. Kalau hati dan pikiran kita bersih, mimpi basah tidak akan disertai mimpi yang kotor. Karena itu jangan isi hati dan pikiran kita dengan merenungkan hal-hal yang porno, sebaliknya renungkanlah Firman Tuhan setiap hari. Firman Tuhan akan membersihkan hati dan pikiran kita dari segala pikiran-pikiran yang kotor.
    Mengendalikan nafsu bukan dilakukan dengan onani, tetapi dengan mendekatkan diri kita pada Tuhan dan belajar untuk melakukan FirmanNya.
    Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberkati Ade selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore pak pendeta,saya mau tanya knp masalah selalu hadir di kehidupan saya setiap hari,dari tahun ke tahun sehingga saya pun untuk mencari jodoh sangat ssh tolong bantu doa pak, sama minta solusinya terima kasih

      Delete
  8. Shalom kak Rudy
    Saya mau tanya,saya saat ini ingin berpuasa demi mengapai suatu tujuan tetapi saya kurang tau bagaimana cara berpuasa yg baik di mata Tuhan bisa tolong dijelaskan??

    ReplyDelete
  9. Shalom Radit.
    Puasa bukan sekedar menahan diri untuk tidak makan/tidak minum saja. Pada saat kita berpuasa kita merendahkan diri kita di hadapan Tuhan, mengakui bahwa tanpa Tuhan kita tidak bisa apa-apa dan kita membutuhkan pertolongan dari Tuhan. Perbanyaklah waktu untuk berdoa,menyembah Tuhan, dan membaca Alkitab pada saat kita berpuasa.
    Kalau kita berpuasa tetapi tetap bekerja atau sekolah, tetaplah bekerja atau sekolah dengan maksimal. Di saat-saat yang memungkinkan untuk kontak dengan Tuhan (waktu istirahat/tidak sedang berbicara dengan orang-orang), gunakanlah waktu tersebut sebaik mungkin untuk berkomunikasi dengan Tuhan, meskipun mungkin hanya dilakukan dalam hati.
    Kiranya jawaban singkat ini dapat berguna buat Radit. SELAMAT BERPUASA. TUHAN YESUS MEMBERKATI.

    ReplyDelete
  10. Kak Rudy,
    apakah diperbolehkan berpuasa untuk menggapai suatu keinginan??
    secara Kristen apakah pantang jg diharuskan ketika berpuasa?? Thx,kak Rudy

    ReplyDelete
  11. Radit. Kalo keinginan itu tidak melanggar perintah Tuhan, tidak apa-apa. Pertanyaan ke-2 saya kurang jelas maksudnya.

    ReplyDelete
  12. Kak Rudy
    baru2 ini digreja saya ada firman dimana kita harus menjadikan Tuhan sebagai"sasaran" bukan sebagai "sarana".kita sebagai manusia kan tidak lepas dari berbagai keinginan yg biasanya kita minta kepada Tuhan, bukankah dengan meminta pertolongan Tuhan agar mendapatkan keinginan kita itu termasuk menjadikan Tuhan sebagai sarana??
    Bagaimana supaya kita dapat selalu menjadikan Tuhan sebagai sasaran hidup kita??
    Terimakasih

    ReplyDelete
  13. Shallom Daniel..
    TUHAN adalah pemilik hidup kita. Jadi kita harus mempertanggungjawabkan apa yang kita lakukan dalam hidup kita kepadaNYa.
    TUHAN juga adalah Bapa kita, jadi tidak apa-apa kita meminta sesuatu kepada Bapa kita, sama seperti seorang anak meminta sesuatu kepada ayahnya (Yoh 14:14; 15:16).
    Untuk dapat menjadikan TUHAN sebagai satu-satunya sasaran penyembahan kita, kita harus menjadi penyembah yang benar (Yoh 4:23-24), yang menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran. Baca dan renungkanlah FirmanNYa, lalu aplikasikan kebenaran FirmanNya dalam hidup sehari-hari.
    Kiranya jawaban singkat ini dapat berguna buat Daniel. Tuhan Yesus memberkati.

    ReplyDelete
  14. Pak Rudy, saya tinggal satu bulan lagi akan melaksanakan pernikahan dengan kekasih saya. Namun beberapa bulan ini, saya merasa telah salah memilih pasangan hidup. Celakanya, saya baru merasa salah setelah sedekat ini dengan acara. Padahal dulunya banyak godaan khususnya dari perempuan lain yan saya anggap lebih baik namun saya tidak gubris. Akibatnya saya selalu bertengkar dengan calon istri saya dan berkali-kali mengatakan ingin membatalkan pernikahan. Alasan kenapa saya ingin membatalkan pernikahan, karena saya anggap ia tidak sesuai dengan keinginan saya secara fisik, maupun karakter. Padahal, kekurangan itu saya sudah ketahui sejak dulu, namun kok baru sekarang menyesal. Apalagi, saya baru sadar diluar sana banyak yang lebih menarik dari dia. KEbetulan saya orangnya keras, dan kekasih saya sama kerasnya. Bagaimana sekarang saya harus bersikap? apakah harus membatalkan karena sekarang tidak ada perasaan cinta dalam hati saya? Namun jika dibatalkan, semua sudah terlanjur jauh? kawatir menyakiti hati keluarga? Untuk diketahui, saya seorang Kristen namun jarang beribadah, sedangkan calon istri saya seorang hamba Tuhan di pelayanan anak.Trims atas jawabannya.

    ReplyDelete
  15. Salam sejahtera di dalam kasih Kristus.
    Menurut saya saat ini Anda harus mengingat kembali waktu pertemuan Anda dengan kekasih Anda itu. Pada waktu Anda membuat ketetapan hati untuk memilih dia menjadi kekasih hati Anda dan ingin menjadikan dia pendamping hidup Anda. Waktu itu apa yang membuat Anda tertarik dengan dia? Tentu dia juga punya kelebihan-kelebihan tertentu sehingga Anda tertarik padanya meskipun pernah ada perempuan-perempuan lain yang mencoba menarik hati Anda.
    Saat ini mungkin Anda dan kekasih Anda sedang bermasalah dalam hal komunikasi. Konflik yang tajam mungkin sedang terjadi di antara Anda berdua, sehingga masing-masing hanya melihat kekurangan-kekurangan dari masing-masing pihak. Ingat. Dalam pernikahan nanti pun pasti akan ada konflik suami-istri yang harus dihadapi. Mungkin konflik yang sekarang ini bisa dijadikan sebagai latihan buat Anda dan kekasih Anda untuk mengatasi permasalahan rumah tangga di kemudian hari.
    Saran saya, cobalah Anda berdua mengambil waktu untuk berdiam diri di hadapan TUHAN dan berdoa, tidak saling menyerang satu sama lain baik dengan kata-kata atau perbuatan/sikap buruk.
    Cobalah untuk menenangkan hati dan pikiran Anda terlebih dahulu di hadapan TUHAN, lalu buatlah daftar kekurangan (INGAT, tidak ada manusia yang sempurna) dan kelebihan-kelebihan dari kekasih Anda, masing-masing di lembar kertas yang berbeda.
    Bawalah daftar tersebut kehadapan TUHAN,doakan, tenangkan diri,minta pimpinan TUHAN,dan kemudian barulah membuat keputusan yang terbaik buat Anda berdua.
    Jangan terburu-buru membuat keputusan.
    Kiranya saran saya ini dapat berguna buat Anda. Tuhan Yesus Kritus mengasihi Anda.

    ReplyDelete
  16. Salam.... Jujur saya bingung dan heran. Apakah salah bila kita akhirnya datang ke Tuhan karena kita kepepet?. apakah Tuhan masih mau mendengar keluhan kita disaat kita menjadikan DIA jalan terakhir?.

    ReplyDelete
  17. .,.syaloom.,.!
    .,.pak...mau nanya sputar Alkitab nih.,.^_^
    .,.cz ada tmn sya yg nanya ma sya n sya bgung buat mnjwbx.,.
    .,.prtanyaanx:
    .,.di Alkitab kn di tulis kita hrs mguduskn hari sabat, lalu hr sabat di Alkitab di tulis hr sabtu...knp kita masuk gerejanya hr minggu.,.?
    .,.mohon bimbingannya ya pak.,.
    .,.sblmnya trima kasih.,.
    .,.syaloom.,.!

    ReplyDelete
  18. Salam sejahtera...

    Sdr.Yeo. Kita dapat datang kepada Tuhan Yesus kapan saja, baik waktu senang atau pun susah / kepepet. Bahkan Tuhan sendiri yang mengajak kita untuk datang kepadaNya."Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu."Mat 11:28.
    Jadi tidak usah ragu untuk datang kepadaNya. Dia senang jika kita mau datang kepadaNya.
    Kiranya jawaban singkat ini dapat bermanfaat buat Sdr.Yeo.
    Tuhan Yesus memberkati. Amin.

    ReplyDelete
  19. Sdr.Kia.
    Salam sejahtera dalam Kristus Yesus Tuhan kita.

    Perjanjian Baru menyatakan bahwa orang Kristen Yahudi menganggap hari Sabtu dan Minggu itu kudus. Paulus ternyata mengajar di sinagoge pada hari Sabat, tetapi pada hari pertama dalam seminggu orang Kristen bukan Yahudi bertemu untuk memecahkan roti (Kis 20:7). Hari kudus kedua ini disebut Hari Tuhan untuk membedakannya dari hari Sabat, dan barangkali satu-satunya yang dijalankan oleh orang-orang bukan Yahudi yang bertobat.

    Justinus Martyr (tahun 140) menjelaskan penyembahan religius orang Kristen mula-mula, ibadah-ibadah sakramen mereka, dan banyak lagi, yang berlangsung pada "Hari Pertama" (Minggu).
    Alasannya adalah karena pada hari Minggu Tuhan Yesus telah bangkit. Bukti-bukti ini meliputi kedua abad pertama setelah kematian Tuhan dan menunjukkan bahwa Hari Tuhan (Minggu) adalah sebuah adat yang disetujui dan merupakan kebiasaan para rasul.
    Semua alasan keraguan dihapuskan oleh kenyataan bahwa Constantinus dalam maklumat yang dikeluarkan tahun 321 M menghargai hari itu dengan cara mengakuinya sebagai hari yang suci bagi orang Kristen, dan memerintahkan supaya usaha berhenti untuk sementara waktu pada hari itu. Akhirnya, konsili Nicea (th. 325 M) dalam laporan rapat resminya memberi petunjuk berkenaan dengan bentuk-bentuk penyembahan orang Kristen pada masa itu, dan konsili Laodikia (th. 364 M) memerintahkan adanya per hentian pada Hari Tuhan. Dengan pemakaian oleh para rasul, dengan hukum dan adat, dengan maklumat kerajaan dan dengan konsili-konsili yang tertinggi dari Gereja Kristen mula-mula, perubahan itu diterima dan disetujui. (YSLA)
    Semoga penjelasan singkat ini dapat berguna buat Kia. Tuhan Yesus Kristus memberkati.

    ReplyDelete
  20. Syalom,
    Pak Rudy, saat ini saya Pria berumur 29thn dan sedang bergumul dengan penyakit saya. LPR disease/Heartburn itu nama penyakitnya. Pernah berobat selama 6 bulan dan sembuh, sekarang ini kambuh lagi. Banyak artikel yang saya baca bahwa penyakit ini sulit sembuh. Saya jadi stress, kadang2 saya berpikir ttg kematian. Saya sangat takut akan kematian....?....mengapa semua ini terjadi pada diri saya...

    ReplyDelete
  21. Syalom...
    Allah adalah pencipta langit, bumi dan segala isinya. Dia juga yang telah menciptakan Anda dan saya. Meskipun penyakit Anda sulit sembuh, bagi Allah tidak ada hal yang mustahil. Percayalah kepadaNya dengan segenap hati dan berserah penuh kepadaNya.Adaya penyakit di bumi ini adalah dampak dari dosa yang diperbuat manusia. Dosa mengakibatkan kerusakan dan kematian, tetapi Allah tetap mengasihi manusia dan memberikan jalan supaya manusia bisa diselamatkan dari murkaNya. Bacalah artikel saya di http://rudynurjanto.blogspot.com/2009/05/murka-allah.html.
    Cobalah membangun iman Anda kepada Tuhan Yesus dengan berdoa dan merenungkan FirmanNya setiap hari.
    Hidup kita ini ada di dalam tanganNya. Tidak perlu takut dan khawatir. Ketika kita percaya padaNya dengan segenap hati, maka jaminan kehidupan kekal itu menjadi milik kita (Yoh 3:16). Juga kesembuhan dari penyakit sudah dijanjikan kepada kita kalau kita percaya kepadaNya (Mar 11:22-24). Dalam 1 Petrus 2:24 tercatat: "Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh."
    Ucapkan ayat ini sebagai pernyataan iman Anda setiap kali rasa takut akan kematian itu muncul. Gantilah kata kita dan kamu dengan aku.

    Ingat, Tuhan tidak pernah merancang sesuatu yang buruk buat kita anak-anakNya (Yer 29:11). Dia adalah Allah yang baik.Meskipun saat ini kita tidak memahami maksud dan rencanaNya, tetaplah percaya bahwa Ia adalah Allah yang baik. Pada waktuNya nanti Anda akan mengerti maksud dan rencanaNya yang indah buat Anda.

    Baca dan renungkan pula ayat-ayat di bawah ini. Tuhan Yesus memberkati.

    Yoh 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

    Mar 11:22 Yesus menjawab mereka: "Percayalah kepada Allah!
    Mar 11:23 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.
    Mar 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.
    Mar 11:25 Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu."
    Mar 11:26 (Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu.)

    Yer 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
    Yer 29:12 Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu;
    Yer 29:13 apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati,

    ReplyDelete
  22. bagaimana cara menghilangkan rasa takut dalam hati , setiap kali memikirkan hal hal yang aneh (istilahnya pikiran glambyar) , saya selalu memikirkan hal yang aneh yang belum terjadi , seperti orang bingaung ,
    bagaimana cara menghilangkan perasaan seperti itu ?

    Heti
    Malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syalom...
      Sdri.Heti. Dari sekian banyak hal yang Anda khawatirkan, kemungkinan hal tersebut menjadi kenyataan adalah sangat kecil persentasenya.
      Untuk mengatasi ketakutan yang Anda alami, Anda harus lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Bersekutulah dengan Allah melalui doa dan pembacaan firmanNya setiap hari maka iman Anda akan bertumbuh makin kuat. Anda akan mengenal Allah dengan lebih baik dan dengan demikian Anda pun dapat mempercayai Allah dengan lebih baik lagi. Dalam salah satu kotbahNya yang tercatat dalam Injil Matius, Tuhan Yesus mengatakan:
      "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?
      Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?
      Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?
      Dan mengapa kamu kuatir akan pakaian? Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal,
      namun Aku berkata kepadamu: Salomo dalam segala kemegahannyapun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu.
      Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?
      Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?
      Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.
      Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.
      Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari." (Matius 6:25-34).

      Jangan khawatir akan hari esok. Percayakanlah hidup Anda kepada Allah, karena Ia adalah Allah yang baik. Dia tidak pernah merancang yang buruk buat umatNya.
      Bacalah artikel yang saya tulis di http://rudynurjanto.blogspot.com/2009/05/unsur-iman-1.html bila Anda ingin mengetahui tentang iman yang sejati. Tuhan Yesus Kristus memberkati Anda.

      Delete
  23. syaloom pak rudy, saya Vhick saya adalah seorang Sinner yg mau bertobat dekat n kembali bagi Tuhan Yesus tolong bimbing saya, n apa yang harus saya lakukan?? bantu bimbing saya pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syalom... Vhick. Allah begitu mengasihi kita umat manusia. Setiap orang yang sadar akan dosa-dosanya dan meminta pengampunanNya pastilah akan menerima pengampunan. Dalam 1 Yoh 1:9 tertulis: "Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan."
      Jadi Anda tinggal datang kepada Tuhan Yesus, dan minta Tuhan Yesus menjadi Tuhan dan Juruselamat hidup Anda. Akui segala dosa Anda dan bertobatlah. Maka Anda akan menerima pengampuan dosa.
      Setelah itu tinggalkan kehidupan lama yang berdosa dan mulailah hidup dalam kebebenaran. Bergabunglah dengan gereja lokal di mana Anda tinggal dan setialah beribadah kepada Tuhan.

      Ayat-ayat Alkitab di bawah ini saya harap bisa memberkati Anda:
      Rom 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
      Rom 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

      2Kor 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

      Delete
  24. Syalom ps. Rudy, nama sy nining (39 th), sy dri kecil kristen GPDI, sy dibabtis waktu kuliah, & sy sdh berkeluarga selama 11 th dg 2 buah hati. Sy mau tanya;
    1. salahkah sy melarang suami kegereja bila sy membutuhkan bantuan dia dlm mengurus keluarga
    2. Salahkah sy jika mengingatkan suami sy utk bekerja; krn saat ini suami sy benar" gila-gilaan acara rohani (maaf tidak ada maksud menghina), hingga suami enggan/malas bekerja spt dulu lagi.
    Krn setiap kali sy berkata "cari pekerjaan", suami sy selalu mengatakan "Tuhan sdh sediakan buat kita"
    Sy sdh berusaha mengingatkan klo kita jΰğª harus dan perlu bekerja, tp suami sy tetap ngotot pd pendirian Alkitabnya & selalu menguliahi sy ttg firman Tuhan.
    NB: suami sy sekarang selalu bawa buku" rohani kemanapun ia pergi, dimanapun berada selalu baca Alkitab, bahkan sampai mendatangkan hamba" Tuhan kerumah, tanpa peduli kesulitan dlm keluarga.
    Suami sy sering berkata: hilangkan kedagingan (bekerja) dan carilah roh kudus yg menuntun kita

    3. Bagaimana solusi buat keluarga kmi pastur, krn sy sdh tdk ßîşǻ lagi menasehati suami sy utk bekerja.
    Krn selama suami sy spt ini, sy lah yg bekerja sambil mengurus keluarga. Sedangkan suami sy lbh mementingkan urusan gerejawi.
    Suami sy memang baru masuk Kristen 1 th lalu, yg sebelumnya dari aliran lain yg percaya Yesus juga.

    4. Apakah sy sdh melawan Allah dg sikap sy ini?

    Terima kasih sebelumnya ps Rudy....GBU..

    ReplyDelete
  25. Syalom... Ibu Nining. Maaf baru bisa menjawab pertanyaan ibu sekarang.
    Persoalan yang ibu hadapi memang pelik. Suami ibu baru saja jadi Kristen kira-kira 1 tahun yang lalu. Jadi menurut saya suami ibu baru mengalami cinta mula-mula kepada Tuhan Yesus Kristus tetapi ia belum dewasa dalam berpikir dan bertindak sebagai seorang pengikut Kristus. Suami ibu benar-benar mengasihi Tuhan Yesus tetapi belum diperlengkapi dengan nilai-nilai yang benar untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah.
    Yang bisa ibu lakukan sekarang adalah tetap bersabar dan terus mendoakan suami ibu. Jangan menghakimi dan melarang suami ibu ke gereja. Lebih baik suami ibu tetap ke gereja dan tunggu waktu Tuhan mengubahkan hati dan pikiran suami ibu.
    Ungkapkan persoalan yang ibu alami kepada Tuhan dan mohon agar Tuhan yang akan memberi pengertian dan mengubahkan suami ibu. Ingat, ibu tidak bisa mengubah hati suami ibu, yang bisa mengubah hati seseorang adalah Tuhan sendiri. Kalau ibu memaksakan kehendak ibu agar suami segera berubah nanti malah akan mempertajam konflik suami-istri.
    Lebih baik ibu coba membicarakan masalah ini secara pribadi dengan pendeta/pembina rohani dari suami ibu, agar pendeta/pembina rohani dari suami ibu itulah yang akan menasihati suami ibu dan mengajarkan nilai-nilai kekristenan yang benar kepada suami ibu.
    Jangan lupa, ibu sendiri harus setia beribadah kepada Tuhan. Jangan pernah meninggalkan pertemuan ibadah bersama (Ibr 10:25).
    Kiranya jawaban saya ini bisa berguna. Tuhan Yesus memberkati ibu.

    ReplyDelete
  26. Shalom Pak Rudy,

    Saya mengalami kesulitan untuk melawan godaan iblis terhadap pornografi dan pencabulan. Saya sudah berdoa minta kekuatan kepada Tuhan, tetapi ternyata keinginan daging saya terlalu kuat sehingga berkali-kali saya jatuh di dosa tersebut. Saya takut tidak bisa lepas dari jerat ini.Saya mohon petunjuk dan doa dari Pak Rudy.

    Terima kasih atas perhatiannya,
    Rianto

    ReplyDelete
  27. Syalom... Rianto.

    Untuk mengatasi godaan terhadap pornografi dan percabulan adalah dengan lari menjauh dari sumbernya. Ingat kisah Yusuf ketika lari dari godaan istri Potifar. Berulang kali istri Potifar mengajak Yusuf untuk bersetubuh dan Yusuf tetap menolak keinginan istri tuannya itu dan lari menjauh dari sumber godaan (Kej 39:7-12).

    LARI MENJAUH dari sumber godaan. Ini adalah satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi godaan seksual.

    Untuk itu Anda perlu mengalihkan pola pikir Anda dari hal-hal yang berbau porno dan cabul dan menggantikannya dengan pola pikir yang benar. Berdoalah, baca, renungkan dan praktekkan Firman Tuhan setiap hari. Isi hati dan pikiran dengan Firman Tuhan yang berkuasa mengubahkan hidup kita jadi baik. Isi waktu senggang Anda dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif seperti berolah raga, kegiatan sosial, dll.

    Bergabunglah dalam komunitas sel / family altar di gereja Anda dan mintalah covering dari pembina rohani / gembala Anda sementara Anda berupaya untuk mengatasi persoalan ini.

    Kiranya jawaban singkat ini dapat berguna buat Anda. Tuhan Yesus memberkati. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Pak Rudy untuk masukannya. Saya pengen banget lepas dari hal ini. Berat banget rasanya. Tapi saya sekarang harus yakin bahwa Tuhan Yesus akan menolong menguatkan saya melepaskan diri dari godaan ini. Sekali lagi makasih buat masukannya dan mohon bantuan doa dari Pak Rudy. Amin... Tuhan Yesus memberkati Pak Rudy dan keluarga...

      Rianto

      Delete
  28. Syalom,Pak.. saya mau konsultasi ni, keluarga kami baru buka rumah makan. Rumah makan ini didirikan oleh ibu saya dan paman saya. Paman saya ini seseorang yg mnurut sya memang rohani nya kuat. Dia juga memiliki seorang istri yg dia bilang bisa berkomunikasi dengan Tuhan bahkan dia bialng bhawa bibi itu jelmaan nabi. Paman saya bilang ke ibu saya bahwa ibu sy harus memberikan persembahan kepada seorang pendeta lain yg dekat dgn paman saya. Paman sy bilang pendeta tsb slalu mendoakan ibu sya agar rm kami ramai dan maju. Dia bilang harus kasih 5jt kpd pendeta tsb. Ibu saya pun ragu karena dia pun blm perna ketemu sama pendeta tsb. Tapi krn ibu sya percaya sama paman saya makan dikasihlah 5jt itu kpd sang pendeta. dan bibi saya yg merupakan istri paman sya juga bilang bhwa dia sudah bertanya kpd Tuhan dan memang Tuhan suruh ibu sya utk memberi persembahan 5jt. memabg setelah memberi 5jt tsb rm kami ramai omset lumayan besar. Tetapi setelah 1 minggu kemudian paman sya suruh ibu sy utk kasih 2jt lg kpd sang pendeta krn rm kami memang sudah mulai sepi. Ibu sya pun akhirnya terkejut. tetapi dia ttap kasih 2jt tsb. nah masalahnya sekarang bibi saya itu pinjam uang sama ibu sya. Dia janji bakal kembaliin uang tsb jika sudah jual mobilnya. tapi setelah dijual mobil. Malah bibi sya gk mau byr. Dia bilang tuhan tidak kasih uang itu dikembalikan. Di telfon tdk diangkat. Ibu sya pun marah2 karena menurutnya bibi saya udah keterlaluan. Dan meurut sya juga sih memang keterlaluan. Sampai sekarang ibu saya kyk ny masih benci sama bibi saya.. kata paman saya ibu saya dikutuk karena menyimpan rasa benci dan dendam.. sehingga rm kami sepi. Apakah semua itu benar Pak? Jujur sya bingung karena saya memang kurang akan rohani. Paman saya juga byk hutang sama ibu saya dihitung2 ada 100jt++ dia tdk byr. Ibu saya memikirkikan saya dan adik saya yg masih bersekolah. saya tahun ini bakal kuliah dan adik saya mau masuk sma. bapak sudah meninggal sejak 2thn yg lalu. Kali begini trus lama2 rm kami biaa tutup pak. krn hrus membyar gaji koki dan pegawai yg tdk murah. Sedangkan rm sepi pengunjung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syalom Pino. Tidak ada manusia yg bisa berkomunikasi langsung dengan Tuhan. Tandai pendeta itu, karena pendeta itu sesat. Tuhan suruh pendeta mengembalakan domba nya bukan memeras domba nya. Rezeki itu rumusnya, belajar, berjuang, rajin, modifikasi hal baru, bukan doa bayaran. Tolak hal itu yg berbau penipuan, mulailah rasional. Tuhan memberkati

      Delete
  29. Syalom Pak Rudy.
    Saya banyak mendapat pertanyaan dr teman yg tdk mengenal Yesus.
    Mereka bertanya knp Tuhannya org kristen ada 3,yaitu Allah,Bapa,dan Roh kudus..
    Mohon pencerahan pak rudy saya harus menjelaskan apa yg tepat kepada mereka?

    ReplyDelete
  30. Syalom Pak Rudy,
    Saya Mau Bertyanya salahkah dan berdosa tidak pak saya berdoa kadang mencontoh doa2 yg ada pada aplikasi doa kristen dismartphone,maaf pak saya tanya demikian karna saya baru menganut agama kristen saya masih bingung cara doa yang benar dan saya mau sungguh2 mengenal tuhan yesus,

    ReplyDelete
  31. Syalom Pak Rudy,
    Saya berumur 39 tahun, sedang bimbang untuk melangkah ke pernikahan. Saat ini saya memutuskan akan bertunangan dengan pasangan saya namun sekarang ini saya ada perasaan bimbang mengenai kehidupan setelah menikah nanti mengenai biaya hidup. Hal ini disebabkan pasangan saya sekarang ini tidak mempunyai penghasilan dan pasangan saya mempunyai rencana untuk membuka usaha sendiri di rumah saya. Alasan dia adalah karena orang tua saya tinggal seorang diri (papa saya sudah meninggal) dan bagian depan rumah hanya dikontrakkan tanpa digunakan sendiri. Masalah ini sudah saya sampaikan ke mama saya. Awalnya mama saya tidak masalah saya berdua tinggal bersama dengan dia namun sekarang dia tidak mengijinkan dengan alasan takut muncul permasalahan antara menantu dan mertua serta tidak merasa nyaman/bebas dengan adanya menantu.
    Pasangan saya tidak mempunyai rencana lain selain membuka usaha dirumah saya, dia tidak mau kontrak/sewa tempat karena modal besar bahkan selama belum diijinkan kita hidup seperti pacaran menunggu cicilan rumah dia sudah lunas dan menjualnya. Dia malah menilai mama saya aneh karena tidak mau ditemani dan ketakutan adanya perselisihan.
    Apa yang harus saya memutuskan pertunangan ? Atau saya secara halus memaksa mama saya untuk mengijinkan tinggal dirumah?
    Sebenarnya saya ingin memutuskan pertunangan ini cuma saya takut apakah saya akan mendapatkan pasangan lagi? Selain itu saya ingin keluar dari pekerjaaan saya karena saya sudah tidak nyaman ditempat kerja dan alasan menikah adalah hal yang tepat untuk pindah ke rumah, jika saya belum menikah saya tidak akan diijin membuka usaha (sudah lama saya ingin coba usaha).

    ReplyDelete
  32. saya H.johny charles mengalami banyak kezaliman dari saudara-saudara muslim saya.bahkan saya curhat ke para ustad,omong kosong saja yang didapat.pekerjaan terakhir saya adalah kepala sekolah SD Islam Khazanah Kebajikan.tetapi saya lengser sebelum sk saya selesai.

    ReplyDelete
  33. awalnya tahun 1998 saya masuk bekerja di Yayasan Islam Khazanah Kebajikan.sebuah yayasan penyantun anak yatim.saya awalnya sbg driver.th 2000 saya mengajar di SD milik yayasan sbg guru penjas,th.2001 saya berangkat haji.th.2008 sy diangkat TU di sekolah itu juga s/d 2013,sy diangkat jd kepsek.dg masa jabatan 4 thn.namun 2 th masa jabatan,saya sdh diganti oleh pak kiai yang punya wewenang,tanpa alasan tepat.rupanya ada program-program baru yg disodorkan ke pak kiai oleh pengurus baru yang punya kepentingan.rajin ngaji.akhirnya saya didepak.

    ReplyDelete
  34. saya ingin mencari kedamaian,cinta kasih sesama,mengasihi sesama seperti yang pernah diucapkan Nabi Isa dulu.dan diajarkan beliau.karena muhammad dan para ustadnya,umatnya tdak mngamalkan itu.mohon bantuan saudara kristen.

    ReplyDelete
  35. iman islam saya tergoyahkan oleh mereka!bahkan saat ini tercabik-cabik!saya yakin Nabi Isa adalah nabi yang mengajarkan cinta kasih seperti ucapannya dan ajarannya kepada umatnya.

    ReplyDelete
  36. saya butuh teman curhat dari saudara-saudara kristen.karena itu saya cantumkan no hp.saya = 081319018823

    ReplyDelete
  37. shalom pak rudy... dalam agama kristen apakah dosa apabila menggugurkan kandungan yang baru berusia seminggu ( baru telat 1 minggu) pas cek positif... sya blm siap krn masih punya baby usia 9 bulan... thanks


    Tie

    ReplyDelete
  38. Shalom pak Rudy :))
    Saya sudah cukup yakin dengan ajaran Yesus, saya sebetulnya non-kristen.
    Saya ingin berpindah agama, tetapi keluarga saya adalah penganut Islam yang cukup taat. Saya bisa saja tdk dianggap keluarga lagi oleh mereka, jika saya berpindah agama. Bahkan ketika saya tidak sengaja mengatakan haleluya dan ayah saya dengar, ayah saya marah besar kepada saya. Apa yang harus saya lakukan? Apakah Tuhan Yesus akan menolong saya dalam hal ini?
    ((Says sebelumnya sudah pernah mempelajari Kristen Dan Katolik))

    ReplyDelete
  39. Saya non kristen tapi saya mau tanya ke anda bagaimana rasa supaya gairah smngat saya tumbuh dlm sgla hal pak

    ReplyDelete
  40. Syalom Kak Rudy.
    Nma sy rintho sdh brkluarga.
    Sy seoarang mualaf tp sy yakin jln kristus ad/ jln lurus.
    Sy mw brtanya Kak, sy prnh mndengar satu ayat mengatakan bahwa Tuhan tdk akan menguji melebihi kemampuan kita manusia.
    Sy mngalami satu mslh bsr Kak, om istri sy mnjual tanah/kebun dikampung, stlh skian lama tdk brtmu istri sy dgn bapaknya, akhirnya mereka ktmu lwat komunikasi hp, dgn kbr gembira bahwa tanah mertua sy dibli prusahaan krg lbh 550 milliar, jd mertua sy blg bli itu tanah nnt dikrimkan uangnya tp om istri sy butuh scepatnya jd kami ambil uang bunga 20jt dgn byran perhari 260rb, uang yg akan dikrim mertua sy seminggu lg, tp kenyataannya perusahaan menunda uangnya bln 7, kami tdk sanggup byar sebanyak itu, istri sy profesinya sbg tukang gigi & psg behel, 2 hr yg lalu laser behelnya patah, sy sempat marah sm Tuhan, sy blg Tuhan, km punya mata & hati kah?!!! Sy blg lgi, sdgkan ada alat behel blm tentu ada pelanggan?!!! Apalg klu tdk ada alat?!!! Jujur sj kmi sdh tdk ada tabungan, tabungan sdh hbs byar uang bunga tiap hari, jika Tuhan tdk mnguji melebihi kemampuan kita, rasanya Tuhan lgi kurang kerjaan, jailin kami. Trma kasih Kak Rudy atas jawabannya.

    ReplyDelete
  41. Selamat siang pak, Saya punya keluarga dia mengalami kepahitan kepada ibunya sampai akhirnya dia mengalami penyimpangan yaitu menyukai sesama perempuan sejak kecil. Nah sesudah ia dewasa perasaan itu terus berkembang dan sempat menjalin hubungan dengan sesama wanita dan sudah melakukan hal-hal yang tidak lazim.Namun pasangannya sudah sadar dan kembali menyukai pria. Nah sekarang ini dia menyadari bahwa itu hal yang harus dihilangkan namun sulit sekali buatnya untuk menghilangkan rasa itu bahkan ia kerap kali cemburu dengan pasangannya yang sudah memiliki pasangan yang normal. Dia ingin sekali melepaskan diri dari hal ini namun rasanya sulit sekali. Kira2 bapak bisa bantu apa yang harus dilakukannya. (Dia sudah berusaha berdoa dan membaca alkitab setiap hari) Terima kasih

    ReplyDelete
  42. Syalom...
    Saya mau tanya beberapa hal tentang orang yang sudah mati.
    Sudah setahun saya ditinggal mama saya.
    Dan saya sangat merasa kehilangan yang sepertinya saya ingin cepat2 menyusul mama saya. Saya selalu browsing, tapi belum menemukan jawabannya.karena saat terakhir mama saya belum sempat bicara sepatahpun. Sudah 5 Bulan saya tidak ketemu mama saya krn ikut suami tugas luar kota.pas saya kembali Jakarta,mama sudah koma, dan tak lama meninggal. Saya benar2 terpukul hingga saat ini masih terus terbayang2 wajah mama. Masa2 kecil saya disamping mama.
    Pak Rudi... Apakah orang mati sudah tidak bisa mendengar dan mengetahui yang hidup? Apakah harus dilupakan bgitu saja? Rasanya gak mungkin bagi saya untuk melupakan kenang2an bersama mama.
    Kemanakah roh orang mati?
    Apakah masih bisa saya bertemu?
    Saya tau mama sudah langsung ikut kristus. Tapi masih bisakah saya untuk bertemu walau hanya sebentar?
    Untuk mengobati rindu saya yang belum sempat bicara apapun.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  43. Syalom.
    Saya seorang wanita. Saya ingin menceritakan pergumulan saya. Awalnya saya dan pacar saya berencana untuk menikah di bulan juni 2017, namun sebulan yg lalu pacar saya tiba2 meminta untuk mengakhiri hubungan kami, saya tidak mampu menerima keputusannya, sehingga saya pergi dari tempat tinggal saya untuk menghindari rasa malu dan pertanyaan orang2 dan pergi ke kota lain. saat ini saya baru mengetahui alasannya, ternyata pacar saya berhubungan badan dengan wanita lain yang saat ini meminta pertanggungjawabannya. Tapi menurut saya pacar saya masih mencintai saya, hanya saja dia sedang terjebak dalam jebakan iblis. Dia jg terlihat bingung dan menyesal saat ini. Saya bingung apa yg harus saya lakukan, nafsu makan saya menurun, tak henti2nya saya mendoakan dia, dan jg saya tidak rela jika dia harus bersama orang lain. Kami telah berpacaran 9 tahun dan tidak pernah berhubungan badan. Sedangkan wanita itu baru saja dikenalnya. Apakah benar apa yg dia lakukan, yg telah terjadi adalah seijin Tuhan? Dan apa yg harus saya lakukan? Pacar saya adalah seorang kristen, seiman dengan saya, sedangkan wanita lain itu adalah muslim. Saya merasa tidak bisa tanpa pacar saya. Apakah saya harus tetap bertahan untuk bersama pacar saya dan menyakiti wanita itu? Atau saya yang harus menyerah dan membiarkan mereka menikah suatu hari, padahal saya tau pacar saya tidak mencintainya, hanya terjebak oleh nafsu sesaat. Saya sungguh bingung. Terimakasih. Rebekahayu@gmail.com

    ReplyDelete
  44. Syalom
    Saya punya mama umur 73 th an. Pernah operasi tulang punggung.Udah sembuh.Dulu mama saya sangat aktif dan semangat.Sejak habis operasi 1 thn. Semangat hidup nya drop dan mental psikologis nya mudah terharu. Malas untuk keluar rumah/ sosialisasi.Saya coba ajak aktif ke lansia gereja, tidak bersemangat./ tdk mau. Secara materi kita udah memberikan yg terbaik. Saya berdoa merasa ingin sekali agar mama saya mulai aktif dan semangat. Tapi sampai sekarang belum ada reaksi yg mengembirakan.

    ReplyDelete
  45. Selamat malam,sblumnya maaf sya mnta wktu sbntar,,saya ingin bercerita selama ini saya merasa gk ada tjuan mau kemana dan kemana setiap kali saya mrencanakan sesuatu selalu trhalang sesuatu,,contohnya sya uda mntukan tjuan sya mau kuliah tryata diwktu yg sma org tua saya tidak ada biaya,sya mmtuskan untuk tdk kuliah dalam hati saya,saya msih sangat ingin kuliah,ttp kenyataan berbeda,dan saya merasa klo saya ini belum bisa melakukan sgl sesuatu sblum saya bisa mmbhagiakan org tua saya,tapi disisi lain sya ini gk bisa mlkukan apa apa sya ngrasa Tuhan bilang sya supaya hidup saya berguna bagi org lain,tapi saya msih bngung dan saya ngrasa saya pingin mprbaiki semua dan saya mnta Tuhan kasi jawaban ,karna itu sya bertanya disini siapa tau Tuhan bisa mnjawabnya mlalui anda trima kasih ellyiraa5@gmail.com

    ReplyDelete
  46. Kak Rudy aku mau Tanya kok aku tuh suka tergoda ya untuk onani, bagaimana cara ku untuk menolaknya dan kenapa aku merasa seperti aku pembawa sial begitu dan kerja ku tak pernah beres.makasih

    ReplyDelete
  47. Mlm pak rudy mohon siraman rohani pak saya lagi mengalami banyak persoalan dalam hidup saya...saya mau dapat solusi secara ke kristenan

    ReplyDelete
  48. Selamat malam pak, saya mau konsultasi saya merasa sekarang saya hampir gila karna keyakinan yg berbeda antara logika dan hati saya, saya selalu berharap kepada tuhan saya meminta apapun padanya sampai suatu ketika apapun yg saya minta dan saya lakukan semuanya gagal dan itu tidak terjadi sekali atau duakali tapi selalu terjadi disetiap saya coba melalukanya, perlahan logika saya seperti bilang bahwa saya tidak seharusnya percaya tuhan karna dia tidak akan mendengar apa yg saya minta, tuhan itu tidak ada, atau kamu pantas marah dan meninggalkannya, seperti iti yg ada dipikiran saya pak, tapi bukan hanya itu masalahnya, setiap pikiran pikiran tentang keraguan itu muncul disaat yg bersamaan hati saya ikut berteriak bahwa semua itu tidak benar tuhan itu baik itu lah yg sebenarnya, antara pikira. Dan hati saya benar benar tidak sejalan pak, apa yg harus saya lakukan? Mana yg harus saya ikuti? Tolong jawab saya pak? Mana yg benar logika yg sesuai dengan kenyataan atau hati yg sesuai dengan prinsip? Tolong jawab saya pak

    ReplyDelete
  49. Kak rudy sya mau bertanya tentang pergumulan sya belakangn ini.kkk 7thn lalu sya mencari cinta berdasarkan harta&Tuhan sya tingglkan.yg akhirnya sya hamil tp sya tdk mendptkn cinta itu maupun harta itu.sya kembali k Tuhan dgn proses jatuh bangun sampai meski ank ini tanpa ayah.skr sya mencari cinta berdasarkan yg sya pikir ygTuhan mau misalnya cinta yg sya cari pada anak Tuhan yg kenal Tuhan yesus thu firman Tuhan pasti hidup sya akan lebih berarti dan bahagia karna sya ingin apa yg Tuhan inginkan pilih itupasti yg terbaik.singkt ceritra tanpa thu asal usul latar belakang pemuda itu sya jatuh dlm dosa.sya hamil lgi.pemuda ini berniat mempertanggungjwbkn.tp krn hutang byk,pekerjaan blom ad &tdk ad hasil dia pergi dgn alasn bekerkja &akan kembali scptnya.sya mulai menyadari sptnya dia tertekan oleh keadaan.tp dia beri telp.ortunya yg ada d luarpulau.mereka seorng kristen katolik.singkt ceritra mulai byk perubhn negatif jrg kasih kabardgn alsn proyek d pedalamn.sampai janji mau plg sll mundur,sempat blg plg scptnya pd kkk 2sya.tpi saat ini hp sdh tdk aktif.tanya pda ortunya sdh 7thn dia tdk pernahplg krumah.berkabar jg jrg.keluarganya terlebih ortunya jg bingung dgn maslh kita.tp tdk bs buat apa2 krn dia menghilng.kkk rudy pertanyaan sya y sblmnya sya mengakui dosa sya sdh berani berbuat dosa sampai hamil.tp apa pilihan sya ini yg berfikir anak Tuhan pasti apapun kedaannya pasti Tuhan akan jamin dia terbaik buat hidup sya.tpi yg sy rasa saat ini penderitaan 7thn lalu terulang lgi.malah saat ini sya lebih putus asa krn sya bingung d lingkungn sya dgn hmil ini.d pekerjaan sya,byk drama yg sya buat tp skr binggung hrs bersandiwara pa lg,terlebih ortu sy blom thu.jd sya bertanya knp Tuhan hrs sebert ini konsukwensinya pilihn yg sya pilkir kehendak Tuhan buat sya lebih hancur.sampai sya berdoa Tuhan ambil nyawa sya hukum sya d dunia yg laen sya terima seberat apapun itu.sya tdk ingin hidup lgi menyusahkan ortu keluarga,jg ank sya.biar bayi ini hidup tp sya mati saja.sya sdh gk sanggup lagi2 menyusahkn menyakiti hatiortu.kkk knp Tuhan beri hukum sya sebert ini???apakh Tuhan sdh tdk ada belaskasihannya lgi pd aku,ank q,bayi d perut q,jg ortu q??Tolong jwb kkk rudy krn sya sangat putus asa kecewa pilihan yg sya pikir sdh spt yg Tuhan mau ternyata lebih menhancurkan hidup q

    ReplyDelete
  50. Mas Rudy. syaloom. damai sejahtera bagi kita semua. mas saya mau bertanya.sebagaimana Tuhan berbicara dalam maleakhi 3:10
    yang isinya..bawalah seluruh persembahan dan pesepuluhan itu kedalam rumah perbendaharaan. supaya ada persediaan makanan dirumahku.dan ujilah aku.firman Tuhan semesta alam.apakah aku tidak membukakan bagimu tingkap tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. yang menjadi pertanyaan saya..sebagaimana kita sebagai orang kristen kita harus memberikan sepersepuluh pendapatan kita kepada Allah melalui persembahan khusus.melihat banyak sekali kebutuhan hidup sehari hari yg harus dibayarkan dengan uang kadang kadang semua upah kita juga kadang kadang tidak memenuhi semua kebutuhan dasar.jika kita tidak mampu memberikan sepersepuluh dari pendapatan kita.apakah Allah tidak membukakan tingkap tingkap bagi kita?? trimakasih..syaloom..

    ReplyDelete
  51. Bagaimana saya bisa tahu apa yang Tuhan mau saya lakukan dalam hidup saya? Saya sudah berdoa tapi sepertinya tidak ada jawaban dari doa2 yang saya naikkan

    ReplyDelete
  52. Shalom.. Pak rudi.. Saya mau bertanya tentang hubungan pasangan biasa saya dengar tentang pernikahan tapi kali ini saya ingin dengar yg berbeda di luar pernikahan..jika seorang pria yg punya pasangan tapi blum menikah.. Tanpa sengaja/dia khilaf dia melakukan apa yg di larang tuhan pada wanita yg ia pacari, saya tau itu dosa tapi selain itu jika ia telah mengotori wanita itu apa laki laki di haruskan bertanggung jawab atas perbuatannya di hadapan tuhan seperti menikahinya...??
    Tapi apa hukumannya jika pria itu tidak jadi menikahinya dengan satu alasan wanita itu kurang sempurna??

    Mohon jawabannya yah pak rudy, trimakasih.. Tuhan memberkati.

    ReplyDelete
  53. Selamat Malam Pak Saya Mau tnyak sdh akhir sebulan ini saya merasa takut tidk tau apa yg di takuti
    Kirimi saya ayat alkitab yg bisa menenangkan jiwa saya pak

    ReplyDelete
  54. Selamat malam pak,dulu pada saat saya mula saya merupakan seorang yang sering bahkan tidak bisa meninggalkan yang namanya Tuhan dan Gereja, tetapi setelah saya mulai berkuliah dikota saya mulai disibukan dengan kegiatan2 kampus yang saya rasa memforsir tenaga dan fikirian saya, lama kelamaan rasa untuk rasa ingin pergi kerumah Tuhan sudah tak ada hingga saat ini, saya sangat merasa sangat berdosa dan mungkin Tuhan Yesus tidak akan pernah memaafkan saya jika selama ini saya sudah berbuat banyak dosa, hari ini saya juga tidak menghadiri misa kenaikan, dan saya sangat menyesal setelahnya dan seperti sadar, Tuhan.. teman2 saya pada kegereja, mengapa saya tidak ? dan saya seperti merasa dikucilkan, dan bahkan saat saya berniat untuk ke gereja itu ada beberapa pertanyaan melintas diantaranya, apakah saya masih pantas menghadap Tuhan ? , apakah Tuhan masih mau menerima saya sebagai anak dan hambaNya ? dan saya fikir itu tidak akan bisa.. bagaimana mengatasi nyaa pak ? saya bingung dan seperti orang linglung, mohon d kasi saran pak @arisetyawan423@gmail.com

    ReplyDelete
  55. saya terlahir di keluarga kristen, saya memiliki pasangan katolik.
    Dia menyampaikan merasa lebih nyaman di sana, lebih nyaman berdoa. dia tidak mau meninggalkan keyakinannya. Mohon bantuan nya, bagaimana cara membuat dia yakin kalau agama kristen yg tebaik untuknya, atau bagaimana membuat dia mau mengikut Tuhan Yesus (di agama KRISTEN). mohon di balas. Gbu

    ReplyDelete
  56. Pak saya mau tanya,Saya lahir dari keluarga muslim. Tetapi saya merasa keluarga saya kurang menanamkan pengetahuan tentang agama. Sampai saya remaja,saya sekolah di sekolah umum. Saya punya banyak teman nasrani. Saya sering melihat mereka berdoa,ibadah. Sampai2 saya tanya2 banyak tentang agama kristen. Saya semakin sering mempelajarinya,dan saya saat ini sudah mulai banyak pengetahuan tentang agama kristen. Bahkan saya ingin pindah agama. Karna saya merasa telah menemukan jalan hidup sebenarnya. Tapi dengan ini saya takut,saya takut orangtua saya marah karna saya pindah agama. Yang saya ingin tanyakan,bagaimana caranya agar saya bisa pindah agama tanpa sepengetahuan orangtua saya? terimakasih.

    ReplyDelete
  57. Jadi gini. Aku gatau kenapa bisa suka sama orang yang beda agama. Mungkin bisa dibilang cinta(?). Aku sudah cukup lama berhubungan dengan dia. Walau aku tidak mau memiliki status pacaran dengan dia. Tapi aku sendiri bingung. Aku ingin membawanya ikut menjadi Kristen. Aku ingin dia juga mengenal Tuhan yang aku percayai itu, bahkan aku ingin dia ikut dalam barisan orang percaya. Tetapi aku belum punya cukup keberanian. Terkadang kami membicarakan bagaimana jika kami menikah nantinya. Tetapi ketika aku tanyakan soal agama kami yang berbeda, tampaknya dia sendiri juga belum bisa memutuskan. Dia tidak mengajakku mengikuti agamanya, begitu pula aku belum cukup berani untuk mengajaknya. Aku tahu, aku tidak boleh menikah dengannya jika agama kami tetap berbeda. Tetapi kalau aku berhasil membuat dia juga percaya pada Yesus, bolehkah aku menikahinya? Atau haruskah aku bersama orang yang sudah menjadi Kristen sejak awal, dan meninggalkannya?

    ReplyDelete
  58. Sy janda 1 anak. Dan sy cerai hidup. Skrg sy hamil 3 bulan. Dan laki2nya islam. Tp dia siap masuk kristen. Pertanyaan sy. Apakah sy bisa diberkati lagi d gereja?

    ReplyDelete
  59. Saya banyak sekali masalah tapi satu dari masalah itu tidak bisa di selesaikan dulu saya islam tapi saya sekarang jadi agama kristen tapi kenapa ya masalah saya tidak bisa di selesaikan pak
    . Nadia Banjarmasin

    ReplyDelete
  60. Syalom kak saya mau bertanya dulu saya masuk di suatu universitas dan saya berhenti dan saya merasa gagal ,karna pernah gagal dalam hal pendidikan itu saya ingin menutupi hal itu karna saya malu. namun saya mengulang di universitas itu lagi di fakultas yang berbeda,s3karang saya gabung dalam kelompok tumbuh bersama namun saya belum bisa jujur ke pkk saya soal saya sebelumnya pernah kuliah di di universitas tersebut tersebut.dan saya gak mau mengecewakan teman dan pkk saya jadi yang mau saya tanya apa yang harus saya lakukan ?karna teman saya yang lama pasti masih ingat dengan saya .apa saya harus keluar dari kelompok tumbuh bersama itu?

    ReplyDelete
  61. Syalom kak saya mau bertanya dulu saya masuk di suatu universitas dan saya berhenti dan saya merasa gagal ,karna pernah gagal dalam hal pendidikan itu saya ingin menutupi hal itu karna saya malu. namun saya mengulang di universitas itu lagi di fakultas yang berbeda,s3karang saya gabung dalam kelompok tumbuh bersama namun saya belum bisa jujur ke pkk saya soal saya sebelumnya pernah kuliah di di universitas tersebut tersebut.dan saya gak mau mengecewakan teman dan pkk saya jadi yang mau saya tanya apa yang harus saya lakukan ?karna teman saya yang lama pasti masih ingat dengan saya .apa saya harus keluar dari kelompok tumbuh bersama itu?

    ReplyDelete
  62. Syalom kak Rudy, Tuhan memberkati
    Saat ini saya baru diputuskan oleh pasangan saya, padahal saya masih cinta banget sama dia, sebenarnya ini kedua kalinya dia memutuskan saya, saya sering mendoakan si mantan karna mantan saya ini orang yang tidak bersandar pada Tuhan alias tidak pernah berdoa, dibalik doa doa saya, saya juga berharap dia kembali lagi seperti yang kali pertama (info, mantan saya orang nya gak mikir panjang)
    Sampai sekarang dia tidak memblokir sosmed saya, kadang ajak bicara meski hanya basa basi, awalnya saya sangat percaya bahwa waktu kami putus ini adalah waktu untuk introspeksi diri dan kesempatan untuk lebih dekat lagi dengan Tuhan, saya sangat yakin Tuhan mau membantu saya
    Namun tiba2 semua berubah ketika teman saya yang (ngakunya) bisa membaca nasib garis tangan, membaca garis telapak tangan saya lalu bilang kalau hubungan kami benar2 berakhir dan tidak akan kembali, saya ngedrop mendengarnya, dia bilang tidak ada yg bisa mengubah takdir meski saya berdoa sekalipun. Seketika itu juga saya hilang harapan, saya jadi tidak percaya diri berdoa, saya jadi merasa Tuhan tidak bersedia mendengar permohonan saya
    Karna pada kali putus pertama, dia juga membaca garis tangan saya dan bilang kami akan balikan atau saya nemu pasangan baru (nyatanya memang terjadi sebelum balikan, saya sempat berpacaran dgn lelaki lain meski hanya sebentar karna saya tidak merasakan cinta tulus drpd php jd saya segera memutuskannya)
    Saudara saya bilang kalau garis tangan yg ia baca itu pasti cman kebetulan karna masa depan menurut dia tidak tertulis di tubuh manusia
    Tapi saya masih merasakan sangat takut dan putus asa, saya jadi takut dikecewakan karna terlalu berharap bisa balikan (pdhl saya berharap ke Tuhan)
    Perkataan teman saya si pembaca garis tangan itu menghantui saya, saya jd hilang kepercayaan pada siapapun, padahal saya sangat mengandalkan Tuhan
    Apa yg hrs diperbuat kak..?

    ReplyDelete
  63. Syalok kak. Saya sedang bingung dgn apa yg sedang saya hadapi kak. Hidup terasa kacau dan terkadang saya berpikir ini memang ujian dari Tuhan atau upah dari segala kesalahan saya dimasa lalu. Saya merasa klw pun ini upah dri kesalahan saya kenapa seperti tak ada ampun bagi saya.

    ReplyDelete
  64. Syallom
    Saya mau bertanya bagaimana cara menghadapi masalah saya ini.
    Sayang seorang pelajar yang selalu dianggap remeh dan tidak pernah dihargai ,padajalsaya selalu berbuat dan bersikap baik pada mereka .terkadang saya berpikir buat apa baik kepada orang yang tidak pernah baik pada saya ,dari situ saya selalu mendapat suatu cobaan atau godaan untuk membalas semua perilaku mereka terhadap saya

    ReplyDelete

  65. Hallo Kak syalom salam damai natal��
    Saya ingin bertanya kak, tp sblm sy bertnya sya akan mencrtkan sdkt dr pertnyaan yg akan sya tnya.
    Saya menjalin hubgan dgn seorang cwok yg aktif pd kegiatan grja dy jg sangat dkat dengan teman2 dn gembalax di grja. Bsa dibilang pcar sya sdh dianggap sbgai kelrga oleh para gembala. 
    Mamax jga melayani di grja.
    Nah, suatu ketika kmi berdua bertengkar dn tanpa sadar sya mengucapkan kata2 makian terhadapnya. Krna saat ith emosi saya sdh tidak terkontrol. Kata makian itu saya lontarkan melalu pesan singkat. 
    Dan wktu itu mamanya membaca dan mmanya tidak trma mmax suruh putusin saya tp pacar saya tidak melakukanx. saya pun tau kan hal ini tp saya msh mencoba utk bertahan krna sya yakin suatu saat saya akan diterma di tengga2 keluarganya. 
    Tp pernah mmax berkata kpda pacar saya klo mamanya tdk akan setuju smpai kapanpun jika dy mash berpacaran dgn saya. 
    Kami ttp menjalin hubungan dn saya tetap bethan walaupun bgtu saya sering sedih krna sya tdak pernah dianggap atau di kenalkan akan teman2 pelayannx . Krna msalah ini jga diketahui oleh teman pelayanan di grja. 
    Nah yg sya mau tanyakan kpda kk. Apakah sya terllu begtu salah hingga keslahan ini tudak dapat dimaafkan oleh org tua dn teman2x ? Pdhal kan mereka yg sllu melayni pasti lebh srring mengrti akan Kasih dn memaafkan. Tp dimana hati merka tdak bsa memaafkan saya. Tp mereka malah mau menjauhkan saya dri cowok saya. 
    Tolong diberikan pendapatnya yah kak
    Trmksh syalomm. 

    ReplyDelete
  66. Shaloom pak Rudy.
    Saya memiliki 2 anak perempuan usia 23th (Emanuela noventi..) dan 19th (Evangelina Krista).
    Yang ke 2(Angel) mengalami gejala bipolar semenjak kelas 1 SMA semester1 hingga harus homeschooling dan hingga Samapi sekarang masuk di bangku kuliah semester 1 bipolar masih mengganggu
    Bipolar adalah gangguan psikis yg tidak setabil (psychodisholder), kadang senang berlebihan (manik), kadang marah dan depresi bahkan sering mengatakan ingin bunuh diri. Kami dari keluarga sdh berusaha pendampingan secara erat dan tidak menekan. Sekatang ini durasi deperse cukup panjang sehingga tidak mau berangkat kebaktian, berangkat kuliah. Kami orang tua sdh melakukan usaha keras, termasuk doa malam, minta dukungan doa dan pengobatan termasuk psychiater termasuk pernah rawat inap 2 Minggu, tapi belum ada perubahan sama sekali.
    Kami kuaatir keadaan ini dimanfaatkan oleh roh jahat sehingga sering marah, kata2 kasarkeluar dari mulutnya. Kami sering mengajak beribadah, berdoa tapi tidak mau.
    Mohon saran dan doa ya pak, apa yang harus kami lakukan untuk kesembuhan anak kami yang bernama Angel ?
    Terimakasih atas perhatiannya. Semoga Tuhan Yesus memberkati


    ReplyDelete
  67. Apakah memang tuhan itu ada??
    Knp setiap saya meminta pertolongan Dri tuhan tdk pernh sekalipun didengar

    ReplyDelete